Kamis, 19 Februari 2009

Cerpen

Mawar Putih


Dengan langkah gontai ranti memasuki ruang kelas yang bertulis IX.A ,tanpa memperhatikan keadaan sekitar ia duduk dibangku nya sambil menelungkupkan tangannya.

“Hei… Ngapain loe pagi-pagi dah pasang tampang masam” suara itu mengangetkan ranti

“Oh Kamu… balas ranti “

“kamu Kenapa ada masalah”

“Iya nih gw kesel dengan keadaan dirumah, masa iya gw mau dijodohin, emg ini zaman siti nurbaya apa?”

“ha… hari gini dijodohin ga banget deh!!

“tapi gimana dong bonyok gw da maksa banget dan rencana nya tuh keluarga gw ama keluarga cow itu mau dinner bareng”

“habis deh gw ” kata ranti lagi

“eitttt tunggu dulu neng kan masih ada anton” kata anton sambil menepuk dadanya tanda sebagai seorang pahlawan bagi ranti.

memang anton adalah sahabat karib ranti semenjak pertama kali pindah kesekolah ranti , anton paling dekat sama ranti dan karna kecocokan sehingga mereka bersahabat sampai sekarang.

“Oya siapa nama tuh cow yang mau dijodohin ama loe” tanya anton

“mmmmm sapa yach kalo gw ga salah namanya danu” jawab ranti

” nah loe cari tau gih tentang tuh cowok siapa tau dia udah ada pacar”

“ah loe nih ngaco ton masa iya gw suruh cari tau dengan dia pun gw ga tau” kata ranti cemberut

“emg rencana loe apa sih ton ” kata ranti lagi

“sini gw kasih tau ” kata anton

sssttttttt anton berbisik ke telinga ranti untuk memberikan ide nya. ” gimana?” tanya anton

“ok, juga ton ide loe,”

Jam sekolah telah menunjukkan pukul 14.00 yang berakhir juga aktivitas disekolah ranti, semua siswa berhamburan termasuk ranti dan anton yang siap melaksanakan ide konyol anton. Tiba saat nya dinner Family disebuah restoran, keluarga ranti telah duduk menempati meja yang telah dipesan. tiba-tiba

“Hai ini ranti yach ! sapa seorang wanita paruh baya yang baru datang menghampiri keluarga ranti.

“Iya nih ranti yang dulu masih kanak-kanak sering main bareng ama danu kamu ingat kan ran?”tanya mama saat itu

“eh ngomong-ngomong mana danu jeng?” tanya mama lagi

“oh itu dia yang saya mau bilang, danu ga bisa datang banyak tugas katanya” jawab nyokap tuh cowok

“oya yach tapi danu nitip untuk ranti” lalu nyokap tuh cowok menyodorkan setangkai mawar putih”lanjut nyokap tuh cowok lagi.

“terima dong” kata mama, ranti ,menerima dengan setangah hati dan juga bersyukur karena tuh cowok ga datang hari ini.

Esoknya disekolah

“Hai ran gimana dinner nya” tanya anton

“aduh ton gw senang banget karena tuh cowok ga datang semalem”

“oh bagus tuh” yuk kita masuk kelas bel udah ribut dari tadi” kata anton sambil menarik tangan ranti

Dan hari-hari berikutnya kedua keluarga tersebut yaitu keluarga wijaya dan keluarga kusuma yang tak lain adalah mama, papanya ranti sering makan bareng mulai dari lunch bareng sama dinner bareng tetapi anehnya ranti tidak pernah bosan gabung dengan keluarha tersebut malah dia enjoy aja, apa emang keluarga wijaya keluarga yang asik, atau karena tuh cowok ga pernah datang pada saat mereka makan bareng, dan kalau di tanya ada aja alasannya!cuma mawar putih aja yang selalu dititip lewat nyokap tuh cowok.

Tetapi karena lama-kelamaan ranti menjadi penasaran dengan namanya danu, yang dia tau dari nyokapnya anak nya baik dan manis tapi ranti masih ga terima karena kalau dia ga ketemu ama tuh cowok otomatis rencana nya ama anton ga bisa terlaksana.

’satu bulan telah berlalu ranti menyambut kedatangan bulan juli dengan hati yang ga karuan, karena itu artinya hari perjodohannya / pertunangannya dengan danu akan tidak lama lagi akan terjadi sedangkan dia ga tau sama sekali dengan namanya danu.

kring…kring…kring ,telp rumah ranti berdering tiada henti, dengan langkah males ranti mengangkat telp

“hallo ranti nya ada?” suara dari telp seberang

“iya ini ranti”jawab ranti

“ini siapa yach ? eh ini anton ran masa iya sih loe ga tau suara gw”balas anton

“habis suara loe kayak tong kosong yang dipukul” canda ranti

“udah sekarang mau loe apa nelpon gw ” tanya ranti

“gini ran kita bisa ga ketemu hari ini, kalo bisa jam 2 siang nanti gw tunggu ditempat biasa”

“mmm boleh deh dari pada mingguan gw manyun” kata ranti

“on time yach jangan telat ” kata anton lagi

du mana sih anton janjinya jam , ini udah jam2 lewat, hei ranti sini, tiba-tiba ada suara dari sudut cafe yang memanggil namanya.

ranti pun mendekat, ” eh loe kok baru datang sih!” sapa suara itu lagi

“ih apanya gw kan udah on time dari tadi ,loe aja baru liat” gerutu ranti

“iya deh yuk duduk”, silahkan tuan putri

“uda ga usah pake basa -basi ! kata ranti

“iya iya sewoet banget sih!

“eh ran loe bilang ke gw kan loe belum pernah ketemu ama tuh cowok, gimana kalo loe langsung aja jalanin rencana gw, n’tar malam kan malam minggu dan merupakan moment yang tepat buat dinner bareng keluarga tuh cowok, gimana ? tanya anton

“boleh juga, tapi keluarga gw lagi ga ada janji tuh ama keluarga danu, jadi gimana dong? kata ranti

“ya udah loe aja yang ngehubungi keluarga tuh cowok untuk dinner dan dengan syarat anak mereka harus ikut kalo ga loe akan memutuskan perjodohan ini, dan gw kira kalo dengan keluarga loe ga ada masalah kan” tanya anton dengan nada yang meyakinkan

” ok deh, tapi ingat loe harus datang ortu boongan loe itu” kata ranti

“sip deh” jawab anton

“ingat loe jangan telat harus on time jam 19.00 harus udah dirumah gw, trus dandan yang rapi biar ga malu-maluin” lanjut ranti lagi

“ok boss” balas anton

“ya udah sekarang gw balik dulu yach ” kata ranti

“eitttt tunggu dulu” cegah anton

sambil menarik tangan ranti, nih gw punya bunga buat loe

“mawar putih “kok loe tau kalo gw……. ranti ga meneruskan kalimatnya, terlintas dibenaknya kalo setiap keluarga wijaya makan bareng dengan keluarga nya pasti anaknya selalu nitip mawar putih.

“eh kok bengong ” tegur anton

“eh ga. kok gw cuma bingung”

“jangan GR dulu tadi gw ga sengaja melihat penjual bunga keliling dan hanya ada ini yang setangkai kan harga nya lebih irit dibanding sekuntum”iya kan . kata anton

“itung itung tanda persahabatan gitu” lanjut anton lagi

“iya de kalo gitu makasih yach” daaaaaaaaaaaa gw balik yach see you later

“da daaaaaaa” balas anton sambil matanya tak henti mengikuti langkah ranti sampai langkah itu pun ga terlihat lagi!

ding…dong..ding..dong jam dinding dirumah ranti berdentang menunjukkan pukul 19.00 secara bersamaan bel rumah ranti berbunyi!

“oh nyonya” terdengar suara bi ipah mempersilahkan tamunya masuk, keluarga ranti udah siap-siap diruang makan termasuk ranti yang senyum-senyum dari tadi karena rencananya akan terlaksana.

“hai ibu wijaya ini anaknya yach, duh ganteng nya, coba dari kemarin ikut gabung dengan kita ” iya kan jeng terdengar suara mama yang menyambut tamunya

tapi ranti tidak mengacuhkannya /melirik pun ranti enggan, dia masih sibuk melihat jam tangan putih nya ,

duh mana sih anton ” gerutu ranti dalam hati

“hai ran kenapa muka loe dilipat kayak gitu”, ranti menoleh kearah suara itu,

” ih anton kok baru datang, keduluan tau ama keluarga wijaya”

“mana ortu boongan loe itu” kata ranti lagi

“tuh disana ” kata anton sambil menunjuk bapak dan ibu wijaya diruang makan.

“apaaaaaaaaa? jadi loe dan keluarga wijaya …… kata ranti bengong tanpa meneruskan kata - katanya, yang ditanya pun menggangguk

“ah anton dasar loe ” umpat ranti

“uda ga usah dipikirin yuk kita gabung dengan mereka, dengan perasaan dongkol ranti mengikuti ajakan anton.

diruang makan semua menertawakan ranti

“ranti..ranti ini semua adalah ide anton, gimana ? tanya mama

” hu..huh ” ranti bersungut tanpa bercomment

“sorry deh ran semua ini salah gw, karena semuanya gw yang ngatur, awalnya juga gw kaget kata nyokap gw mau dijodohin ama anak satu sekolah gw”kata anton

“eh pas gw tau orangnya adalah loe gw senang banget karena gw uda suka loe pertama kali gw jadi anak baru disekolah loe” lanjut anton lagi

“tapi napa disini loe dipanggil danu padahalkan nama loe kan anton” ujar ranti

“emang loe lupa ran, kan nama gw Afrianton D.W yang kepanjangannya Afrianton Danu Wijaya.” ujar anton

“ya ampun masa ga gw ga bisa ngebaca semua ini, anton jahat…jahat..jahat kata ranti menangis sambil meninggalkan mereka semua keluarga yang berkumpul diruang makan

“ranti tunggu” teriak anton sambil mengejar ranti

“ran ..denger aku dulu semua ini emang salah aku dan aku minta maaf, aku ngelakuin ini karena aku benar-benar sayang kamu, aku ngeras nyaman dekat ama kamu, ” kata anton

“aku ga mau kalo tiba-tiba kamu langsung tau aku orang yg mau dijodohin aku takut kamu menghindar dari aku, atau mungkin benar cinta aku hanya bertepuk sebelah tangan ” lanjut anton lagi ,dengan raut wajah yang sedih anton hendak meninggalkan ranti

“anton tunggu” dengan cepat ranti menarik tangan anton

“ton aku minta maaf atas sikap aku tadi” kata ranti

“aku sadar emang aku juga telah lama menyimpan perasaan ama kamu”

“aku sayang kamu ton ” kata ranti sambil memeluk anton dengan erat

“Ranti …….kamu selama ini kenapa ga…….” anton menggantung kalimatnya

“Udah ah ga usah nangis lagi ini kata anton” melepaskan pelukannya dan tiba -tiba menyodorkan setangkai mawar putih

“anton …..aku senang dengan perjodohan ini dan juga mawar putih ini” kata ranti

anton berbisik “I Love YOu” sambil memeluk ranti kembali

Keluarga wijaya dan keluarga kusuma hanya senyum melihat dari kejauhan karena usaha mereka sukses.

END

ini cuma salah satu karangan, walau gw tau ga sempurna tapi lumayan nyoba2 nulis,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar